SHARIA.co.id – Penyelenggaraan Bandung Spirit Program (BSP) dan Journalist Visit Program (JVP) telah menginspirasi para peserta yang berasal dari negara-negara di kawasan Pasifik.

Inspirasi dari Indonesia bagi negara-negara di kawasan Pasifik disampaikan oleh para peserta setelah melakukan kunjungan kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Saat berkunjung ke Kementerian PPPA, keberadaan Menteri Yohana sebagai perempuan asal Provinsi Papua dalam kabinet mendapat apresiasi dari para peserta BSP dan JVP dalam pemberdayaan perempuan di Papua. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Mark Neil Jones, Pimred dari Vanuatu Daily Post, yang mengatakan “(penunjukkan Menteri Yohana) merupakan petanda jelas adanya perubahan perlahan mengenai Papua.”

Dalam kunjungan ke Kantor Gubernur DKI Jakarta, para peserta BSP dan JVP takjub dengan cara Gubernur yang tegas dan humanis dalam menangani masalah perkotaan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ngamau O-Rongo-Tou peserta asal Cook Island, “kesempatan bertemu dengan Gubernur (DKI Jakarta) telah menginspirasi kami dalam upaya mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan di negara kami masing-masing.”

Baik Menteri Yohana maupun Gubernur Ahok menyambut baik para peserta BSP dan JVP. Keduanya memberikan kesempatan dan kebebasan bagi para peserta untuk bertanya mengenai beragam isu politik, sosial dan pembangunan.

Direktur Informasi dan Media, Siti Sofia Sudarma mengungkapkan bahwa program BSP dan JVP dimaksudkan untuk mempererat pemahaman baik bagi pejabat maupun jurnalis dari negara-negara di kawasan Pasifik mengenai Indonesia.

“JVP secara khusus bertujuan untuk mendorong adanya kerjasama antar Indonesia dengan negara asal para peserta. Sementara BSP merupakan tindak lanjut untuk memperkuat solidaritas kerjasama Asia dan Afrika, khususnya di kawasan Pasifik” ulas Siti Sofia.

Program BSP akan berlangsung hingga 16 Juni 2015 yang melibatkan 10 pejabat tinggi dari Fiji, Marshall Islands, Papua Nugini, Samoa, Solomon Islands, Vanuatu, Cook Islands, perwakilan dari Pacific Island Development Forum Secretariat dan Melanesian Spearhead Group Secretariat serta Australia (sebagai undangan).

Seiring dengan BSP, JVP diikuti oleh 7 jurnalis dari 5 negara yaitu Australia, Fiji, Papua Nugini, Selandia Baru, Solomon Islands dan Vanuatu yang akan berlangsung hingga 18 Juni 2015. (Ysp)

LEAVE A REPLY