SHARIA.co.id — Salah besar bila ada yang mengira sang jenius Albert Einstein adalah seorang ateis. Salah satu buktinya, sebuah rumah lelang di California, Amerika Serikat melego dua lembar kertas yang menyatakan keyakinan Einstein pada Tuhan.

Rumah lelang Profiles in History memiliki dua surat yang menuturkan sisi lain dari Einstein yang dikenal sebagai ilmuwan jenius, bagaimana cara dia berkomunikasi dengan orang-orang terdekatnya, termasuk keluarganya sendiri.

Tak cuma surat yang ia tuliskan untuk anak-anaknya, Hans Albert Einstein, Eduard Einstein, dan mantan istrinya Mileva Maric yang menarik perhatian. Juga terdapat salah satu surat yang berisi bahwa Einstein bukanlah seorang ateis, seperti yang diduga-duga banyak orang.

“Kita semua tahu tentang apa yang dia capai, bagaimana dia mengubah dunia dengan Teori Relativitas. Tapi, surat-surat ini menunjukkan sisi lain dari dirinya, bagaimana dia menyarankan anak-anaknya dan bagaimana dia bisa percaya pada Tuhan,” kata pendiri Profiles in History, Joseph Maddalena yang dikutip dari laman Telegraph, Selasa (16/6).

Berikut isi surat tentang kepercayaan Einstein terhadap Tuhan, ketika dia berinteraksi dengan seseorang yang bernama Guy H Raner.

Saya sudah berulang kali mengatakan bahwa ide saya tentang Tuhan adalah pribadi. Anda dapat menyebut saya agnostik, tapi saya tidak berbagi semangat Perang Salib dari ateis profesional… Saya lebih suka sikap rendah hati, sesuai dengan kelemahan pemahaman intelektual kita tentang alam dan keberadaan kita sendiri,” begitu sepenggal keyakinan yang tertulis dalam surat tersebut.

Dikutip dari laman Independent, surat-surat pribadi ilmuwan penemu Teori Relativitas dan bom atom ini, dapat menarik minat pembeli dari para kolektor sehingga dapat mencapai penjualan USD 1 juta.

Rumah lelang Profiles in History cukup optimistis pelelangan surat pribadi Enstein ini. Sebab, ini merupakan salah satu koleksi terbesar yang pernah dilelang dibandingkan sebelum-sebelumnya. [jie]

LEAVE A REPLY