Pencegah Penyakit Kardiovaskuler yang Murah: Telur!

by

SHARIA.co.id – Selama ini, telur dianggap makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlampau sering karena mengandung banyak kolesterol jahat. Tapi, ternyata, telur banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan karena kandungan proteinnya dan nutrisi lain.

Sebenarnya, kolesterol jahat ada pada makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan-makanan yang digoreng. Sementara itu, kandungan lemak jenuh pada telur hanya sedikit. Justru sebuah telur mengandung lemak omega-3 yang cukup tinggi dan bisa bermanfaat bagi jantung, terutama untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

Namun, jika ingin mengonsumsi telur, pastikan telur tidak dikonsumsi mentah-mentah atau tidak matang. Karena, telur bisa mengandung bakteri yang berasal dari kotoran ayam atau bebek. Kalau bakteri itu masuk ke dalam telur, bakteri salmonella bisa terkandung dalam telur. Dan jika tidak dimasak dengan benar, bakteri ini dapat meracuni tubuh.

Karena kulit telur yang keras bisa memiliki banyak bakteri dan bakteri itu bisa mengontaminasi bagian dalam telur, cucilah telur dengan air terlebih dahulu sebelum disimpan atau dipecahkan. Jauhkan pula air bekas mencuci telur dari makanan lain dan jangan lupa mencuci tangan dengan air sabun setelah selesai mencuci.

Simpan telur di dalam kulkas dengan kotak atau kardus khusus telur. Konsumsi telur sebelum batas waktu yang biasanya tertera dalam kemasan kotak atau kardusnya. Bila tidak ada keterangan itu, untuk mengetahui telur masih segar atau tidak, cemplungkan telur secara perlahan ke dalam mangkuk berisi air. Jika telur tenggelam, artinya telur masih segar.

Bila ingin memisahkan bagian putih dan kuning telur, gunakan alat khusus, yang bisa didapatkan di toko perlengkapan dapur dan memasak. Jangan memisahkan putih dan kuning telur dengan menggunakan kulitnya, untuk menghindari bakteri dari kulit telur mengontimasi isi telur.

Kandungan protein yang tinggi memang terdapat dalam telur dan memang benar protein dibutuhkan untuk membesarkan otot. Tapi, tidak terbukti manfaat putih telur untuk membesarkan otot. Seperti pernah dinyatakan Asosiasi Ahli Gizi untuk Olahraga Australia, putih telur adalah makanan bagi para binaragawan. Dua telur berukuran 10 gram mengandung 10 gram protein dengan lemak yang sedikit. Tapi, kandungan protein tinggi bisa didapatkan dari sumber lain. (ABC/Pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *