Presiden Pimpin Apel Kehormatan di TMPN Kalibata

by
foto: Humas Setkab

sharia.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-72 di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (17/08) dini hari.

Rabu (16/08) Pukul 23.47 WIB, Presiden yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Altar TMPN Kalibata. Kamis (17/08), tepat Pukul 00.00 WIB, Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dimulai, dengan Kolonel Laut Sandariyanto (Komandan KRI Ahmad Yani 351) sebagai Komandan Upacara.

Dalam Naskah Renungan Suci, Inspektur Upacara mengajak masyarakat untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

“Di Makam ini, ada 8.964 jasad TNI/Polri dimakamkan, 821 Badan Perjuangan, 42 tokoh nasional dan
43 pahlawan tidak dikenal. Selain arwah para pahlawan yang dikebumikan di sini, begitu pula para pahlawan yang dikubur di tempat lain, di kota-kota, dusun-dusun, di dasar lautan, di lembah kg atau dan lain sebagainya. Dengan ini, kami menyatakan; menaruh hormat kepada para pahlawan yang dengan niat suci, mengabdi dan berjuang demi Nusa dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami, bahwa jalan yang ditempuh para pahlawan, adalah jalan kami. Semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan dan ditempatkan di tempat yang terbaik,” doa Presiden.

Setelah Pembacaan Naskah Renungan Suci, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan Penyalaan Obor, dilengkapi dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Acara selesai pada Pukul 00.14 WIB dan Inspektur Upacara dan rombongan meninggalkan Altar TMPN Kalibata, ikut dalam rombongan, Wakil Presiden M Jusuf Kalla yang juga didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan beberapa pejabat menteri dan pejabat tinggi negara.

Hadir pula masyarakat umum yang diundang secara khusus untuk mengikuti apel dan renungan suci HUT RI ke-72

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *