Todai Menjadi Universitas Terbaik di Asia

by

SHARIA.co.id – University of Tokyo menjadi universitas terbaik se-Asia versi majalah Times Higher Education. Tapi, Cina berhasil menyalip Jepang untuk negara dengan jumlah universitas terbanyak dalam daftar 100 terbaik di Asia.

Pada Asia University Rankings 2015 yang dirilis pada Rabu kemarin (10/6), University of Tokyo secara global menempati peringkat ke-23, memperoleh nilai 76,1 dari 13 indikator kinerja. Indikator itu meliputi berbagai aspek, seperti pengaruh penelitian, inovasi, dan suasana belajar-mengajar.

University of Tokyo atau lebih dikenal sebagai Todai meraih skor paling tinggi dalam urusan pengajaran dan penelitian, tapi berkinerja buruk dalam hal outlook internasional. Di bawahnya adalah National University of Singapore, yang mencetak skor 73,3, dan University of Hong Kong 67,5. Jepang, Cina daratan, Hong Kong, dan Korea Selatan menempatkan masing-masing dua wakil dalam peringkat 10 teratas.

Bila ditotal, 19 universitas Jepang masuk ke daftar 100 terbaik, turun dari 2014 (20) dan 2013 (22). Menurut Times Higher Education, 15 dari 19 universitas di Jepang tergelincir dari posisinya. Jumlah universitas dari Cina di daftar itu kini lebih banyak, dipimpin oleh Peking University di peringkat 4. “Pergeseran kekuatan ke arah Cina terjadi dengan latar belakang investasi pada penelitian dan pengembangan. Sementara itu, Jepang mesti bergulat dengan pemangkasan [investasi] menyusul tingginya tingkat utang masyarakat,” demikian diungkap Times Higher Education dalam situs resminya.

Halo, universitas-universitas yang ada Indonesia! Apa kabar?  (WSJ/Pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *