Manfaat Mengkudu Untuk Stroke

Manfaat Mengkudu Untuk Stroke

Apakah Anda tahu buah mengkudu? Ya, mengkudu adalah buah yang memiliki kulit berwarna hijau dan dilengkapi dengan bulatan berwarna cokelat yang menyebar. Buah ini juga cukup mudah ditemukan di pasar-pasar maupun di toko buah.

Meski belum banyak diketahui, manfaat mengkudu untuk stroke ternyata memang benar. Caranya adalah dengan membantu menurunkan tekanan darah. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab stroke adalah kadar tekanan darah yang tinggi.

Apabila seseorang memiliki riwayat terkena tekanan darah tinggi, maka resiko terkena stroke semakin besar. Tapi, Anda tidak perlu khawatir pasalnya resiko tersebut bisa diminimalisir dengan mengonsumsi buah mengkudu.

Mengkudu kaya akan manfaat dan salah satu manfaatnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan dalam mengkudu mengandung scopoletin dan xeronine. Zat tersebut bisa mengikat serotonin, yang mana serotonin adalah senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Neil Solomon, Md.PhD yang merupakan salah satu peneliti masalah kesehatan yang berasal dari Amerika, buah mengkudu mengandung fitonutrien. Apa itu fitonutrien? Yakni scopoletin yang berguna untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang sempit. Scopoletin juga bisa meningkatkan MDA dengan cara meningkatkan SOD dalam tubuh.

Selain zat tersebut, masih ada zat lain yang juga ada di dalam buah mengkudu dan memiliki efek yang baik. Manfaat mengkudu untuk stroke adalah adanya zat xeronine, menurut penelitian dari dr. Mona Harrison yang berasal dari fakultas kedokteran Universitas Bolton. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa mengonsumsi sari buah mengkudu bisa membantu menghasilkan hormon xeronine. Xeronine ini bisa meningkatkan permeabilitas pembuluh darah  pada ion kalium.

Bahkan para ahli dari berbagai universitas yakni Universitas Stanford, Universitas Hawai, Union College of London, University of California (UCLA) dan juga University of Meets di Perancis setuju dengan manfaat mengkudu untuk stroke.

Mereka telah mempelajari mengkudu dan sepakat bahwa tanaman yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah sudah stabil maka resiko terkena penyakit stroke dan jantung juga semakin berkurang.

Terlebih jika Anda mengkonsumsi mengkudu dalam bentuk jus, maka Anda akan terlindung dari terjadinya kerusakan akibat stroke. Buah ini mengandung antioksidan dan juga antiinflamasi yang bisa melindungi dari kerusakan otak. Apalagi kerusakan otak yang disebabkan gangguan dari aliran darah otak.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mengkudu Untuk Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel