Pengertian Kewirausahaan Menurut K.H Ahmad Sanusi

Apabila ditilik dari pengertian kewirausahaan secara umum, ada banyak sekali. Bahkan para ahli pun menjelaskan tentang kewirausahaan secara berbeda-beda. Salah satunya adalah K.H Ahmad Sanusi seorang ulama yang berasal dari Sukabumi. Sebagai ulama, Ahmad Sanusi memiliki banyak karya yang luar biasa. Ia menjadi tokoh yang mendirikan Al-Ittihadiyatul Islamiyah (AII), yaitu sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

K.H Ahmad Sanusi juga merupakan salah satu tokoh Sarekat Islam yang dulu dikenal dengan Sarekat Dagang Islam sebagai penasihat. Jadi tidak heran jika pengertian kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi perlu ditelaah lebih lanjut lagi. Seperti apa pengertiannya? Yuk kita simak di sini.

Mengenal Pengertian Kewirausahaan dari Ahmad Sanusi dalam Bukunya

Kita bisa menggali lebih jauh pengertian kewirausahaan menurut para ahli dalam bukunya. Ahmad Sanusi pun menulis buku berjudul ‘Menelaah Potensi Perguruan Tinggi untuk Membina Program Kewirausahaan dan Mengantar Pewirausaha Muda’ tahun 1994.

Dalam bukunya tersebut dijelaskan bahwa kewirausahaan sebuah nilai yang kemudian diwujudkan ke dalam perilaku atau tindakan. Semua perilaku tersebut nantinya dapat berguna sebagai sumber daya atau tenaga penggerak. Bisa juga menjadi tujuan, cara, proses dan kiat serta hasilnya dalam bentuk bisnis. Baca juga: Pengertian Kewirausahaan Menurut Geoffrey G. Meredith

Jika ditarik kesimpulan dari pengertian tersebut maka, kewirausahaan merupakan sikap yang dimiliki seseorang yang wujudnya bervariasi demi tujuan bisnis. Ada banyak sikap yang bisa diterapkan seperti daya cipta, kreatif, atau menciptakan sesuatu yang unik.

Lalu seperti apakah ciri-ciri dari seseorang memiliki jiwa wirausaha? Apakah kamu adalah salah satunya? Yuk intip ciri-cirinya berikut ini.

Berani dalam mengkreasikan 

Jiwa wirausaha dapat dilihat dari sikapnya yang berani mengambil tindakan untuk kreatif. Tidak takut untuk memulai suatu hal yang belum terbukti dan tidak biasa. Berpikir out of the box dan berani menyampaikan.

Semangatnya tinggi dengan kemauan keras

Tak hanya berani, untuk bisa sukses dibutuhkan motivasi dan semangat yang tinggi. Semua itu demi terwujudnya tujuan yang hendak diraih dan ditambah dengan kemauan yang keras.

Berpikir analitis dan berani mengambil keputusan

Satu lagi yang terpenting adalah berani untuk mengambil keputusan setelah berpikir secara analitis. Sikap ini dibutuhkan untuk meminimalisir kegagalan, kebanyakan ciri ini bisa dimiliki setelah memiliki banyak pengalaman.

Sudah jelas bukan pengertian kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi? Cobalah untuk intropeksi diri, apakah kamu salah satunya yang berjiwa kewirausahaan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kewirausahaan Menurut K.H Ahmad Sanusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel